Abdi Praja

Abdi  Praja

Sabtu, 27 April 2013

Hidup itu pilihan men!!



Setelah Lulus (SMA) pilih kuliah atau kerja saja yah???? pertanyaan seperti ini kelihatannya mudah untuk dijawab namun pada kenyatannya sangat sulit sekali untuk dijawab. Bagi mereka yang banyak uang pasti akan menjawab lebih baik kuliah saja, karena mereka berpikir uang mereka banyak. Bagi mereka yang pas-pasan pasti akan menjawab lebih baik kerja saja, karena mereka berpikir biaya kuliah itu sangat mahal. Bagi mereka yang berjiwa usaha pasti akan menjawab lebih baikkerja saja, karena mereka berpikir tujuan kuliah adalah untuk kerja, dan daripada uang itu dihabiskan untuk biaya kuliah lebih baik digunakan untuk modal usaha. Di bagian lain ada juga yang menjawab kuliah dengan alasan untuk kebanggaan atau agar tidak malu kalau ditanya soal pendidikan. Namun pada kenyataannya banyak jawaban dari mereka yang lebih memilih untukkuliah saja, dengan alasan mencari ilmu dan pergaulan itu lebih penting daripada mencari uang. Tapi pada kenyataannya juga banyak sarjana muda yang menganggur, maksudnya kuliah gak menjamin seseorang itu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu banyak juga orang yang kuliahnya mengambil jurusan tertentu tapi pas kerjanya dibidang lain. Seperti teman saya yang kuliahnya di ekonomi tapi sekarang kerjanya jadi polisi. 

Jadi mana yang harus dipilih kuliah atau kerja????...

Kalau disuruh pilih salah satu, Saya pribadi sangat bingung untuk menjawabnya, karena kalau saya jawab kuliah yang dimana untuk lebih mencari ilmu, tapi pada kenyataannya ilmu bisa kita dapatkan dari mana saja, misalnya dari internet yang bagi saya pribadi menganggap internet adalah sumber ilmu pengetahuan. Tapi kalau saya jawab kerja itu sama saja saya tidak mendukung pendidikan bangsa dan melawan program pemerintah. Selain itu yang membuat saya lebih bingung lagi adalah ada nilai positif dan negatifnya dari dua jawaban tersebut. Nilai positif bagi saya untuk mengambil kuliah adalah karena alasan pergaulan, namun nilai negatifnya banyak pergaulan yang gak bener atau pergaulan bebas dari para mahasiswa-mahasiswanya. Sedangkan nilai positif dari langsung mengambil kerja adalah kita tidak membuang-buang waktu. Kenapa saya katakan kuliah membuang-buang waktu?? Coba saja pikir, apa sih tujuan dari kuliah itu??? Mencari ilmu, cari saja ilmu itu di google (Internet), saya ingin bertanya, ilmu macam apa yang tidak bisa dicari di Internet. Semua dokumen yang ada di Internet adalah hasil buah pikiran dari semua orang, buah pikiran dari para sarjana-sarjana, buah pikiran dari para pengusaha-pengusaha, buah pikiran dari guru-guru spiritual, dan buah pikiran dari orang-orang hebat lainnya. Jadi kalau tujuannya hanya untuk mencari ilmu menurut saya adalah kesalahan besar jika hanya memilih kuliah saja. Bagaimana kalau demi pergaulan???? Tidak berbeda dengan ilmu, pergaulan juga bisa kita dapatkan dimana-mana. Dari lingkugan sekitar, dari forum-forum di Internet, dan lain-lain. Bagaimana kalau untuk harkat dan martabat??? Yah bisa dikatakan ada sebuah kebanggan bagi kita jika Nama di depan kita diberi gelar Ir. (Insinyur) atau Dr. (Dokter). Tapi pada kenyataannya banyak para pengusaha-pengusaha atau guru-guru besar yang kita hormati namun nama mereka tidak bergelar atau sukses tanpa sekolah dan kuliah. Inilah yang saya maksud kuliah itu membuang-buang waktu.

Jadi mana yang harus dipilih kuliah atau kerja????... 

Semua pilihan yang kita ambil adalah tergantung dari tujuan kita hidup. Tujuan kita hidup adalah untuk bertindak, karena tubuh tidak bisa hidup tanpa sebuah tindakan itu, dan tindakan yang paling baik adalah bertindak yang menguntungkan orang banyak (masyarakat). Karena kalau masyarakat tidak bahagia, maka setiap pribadi pun tidak akan bisa bahagia.. kalau masyarakat menangis maka mata kitapun akan menitikkan air mata. Untuk mengambil sebuah tindakan yang baik dibutuhkan ilmu pengetahuan karena Ilmu pengetahuan adalah cahaya kehidupan, Ilmu pengetahuan adalah yang paling mulia dari apa pun. Kuliah adalah salah satu sumber ilmu pengetahuan itu, jadi ambillah kuliah itu jika ada kesempatan untuk diambil!!. namun untuk mencari ilmu pengetahuan janganlah pernah berhenti di kuliah saja, karena kuliah hanyalah sebagian kecil dari sumber ilmu pengetahuan itu. Di atas saya katakan bahwa kuliah itu membuang-buang waktu, dan membuang-buang waktu itu sama saja dengan membuang-buang uang. Nah agar tidak membuang-buang waktu dan uang, cara satu-satunya adalah dengan tetap bekerja. Jadi jawaban terbaik dari pertanyaan pilih kuliah atau pilih kerja adalah tidak memilih salah satunya, melainkan harus dikerjakan bersama-sama yaitu kuliah sambil kerja. Karena kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan, karena kedua hal tersebut adalah saling menguntungkan. Saya katakan membuang-buang waktu adalah sebenarnya untuk menyindir orang-orang yang kuliah namun tidak bekerja, adalah bodoh jika mereka tidak berpikir demikian!!. Barusan saya katakan bahwa tubuh tidak bisa hidup tanpa sebuah tindakan, kerja adalah tindakan, dan untuk melakukan tindakan yang baik dibutuhkan ilmu pengetahuan, kuliah adalah cabang-cabang dari ilmu pengetahuan itu. jadi ambillah kuliah itu jika ada kesempatan untuk diambil!!. Dan tetaplah bekerja agar waktumu tidak terbuang dengan sia-sia!!..

Lalu Kerja apa yang cocok dilakukan sambil kuliah itu??? 


Inilah pertanyaan berikutnya yang akan timbul.. Pada dasarnya tidak ada yang namanya perkerjaan yang cocok untuk ini dan cocok untuk itu. Semua itu hanyalah tergantung dari pengaturan waktu saja. Barusan juga saya katakan bahwa tindakan yang paling baik adalah untuk kepentingan orang banyak (masyarakat) bukan untuk kepentingan pribadi. Jadi bekerjalah yang dimana dapat menguntungkan banyak orang. Karena itu adalah tujuan kamu hidup!!.. Dan oleh karena itulah kamu baru bisa bahagia!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIME